Kamis, 20 Februari 2014

10 Jajanan Pinggir Jalan Terbaik di Dunia

1. Mohinga, Burma
Sup mie yang terbuat dari kaldu ikan kental yang disajikan bersama dengan nasi atau bubuk kacang. Biasanya, sup ini berisi kombinasi bawang merah, mie tipis berbentuk bulat, dan ketumbar cincang.

2. Banh mi, Vietnam
Ternyata sandwich terbaik dunia tidak ditemukan di Roma, Kopenhagen atau bahkan New York, tetapi di jalanan Vietnam. Dimulai dengan memanggang roti baguette di atas bara, lalu diberi olesan mayones, pt (olesan pasta dari daging dan lemak), sayur, acar, dan bumbu. Untuk menikmati sandwich ini, Anda bisa menambahkan bumbu berupa kecap dan cabe pedas.

3. Daulat ki chaat, Delhi, India
Camilan ini sangat tersohor di sepanjang jalan Old Delhi, khususnya pada musim dingin. Rasa manis dan tekstur susu yang bercampur dengan kunyit memberikan warna oranye-putih yang menarik. Terkadang ditambahi varg, lapisan daun perak yang dapat dimakan.

4. Phat Kaphrao, Thailand
Makanan ini terbuat dari campuran daun kemangi, daging babi cincang, ayam, cabe, dan kacang panjang cincang yang digoreng secara bersama-sama. Hidangan ini dibumbui dengan saus ikan dan sedikit gula. Kemudian disajikan bersama nasi dan telur goreng.

5. Burek, Bosnia-Herzegovina
Burek merupakan jajanan pinggir jalan di daerah Balkan. Adonan pastry diisi dengan daging cincang beraroma, bayam, keju, dan rempah-rempah. Adonan itu digiling dan dipoles dengan mentega atau minyak zaitun, lalu dipanggang sampai matang. Burek bisa Anda nikmati setiap saat.

6. Sfenj, Maroko
Sejenis croissant yang berasal dari Maroko. Adonan spons tawar yang terbuat dari adonan ragi tanpa susu atau mentega. Jajanan ini biasanya disajikan untuk sarapan pagi dan camilan pada sore hari.

7. Walkie-talkies, Afrika Selatan
Walkie berarti kaki dan talkie berarti kepala ayam. Mereka direbus secara bersama-sama dan dimasak sesuai selera. Saat direbus walkie-talkie diberi garam dan rempah-rempah atau juga bisa direbus dengan bawang, paprika hijau, dan tomat.

8. Tamales, Meksiko
Camilan ini bisa menjadi menu sarapan pagi atau pun teman minum teh di kala senja. Jajanan ini terbuat dari daging babi atau ayam yang dicampur dengan mol poblano (saus khas Meksiko).

9. Red red, Ghana
Panas, manis, dan pedas. Red red berisi kacang, pisang goreng, dan zomi (kelapa sawit merah). Bawang dan cabe merah digoreng dengan zomi dan ditambahkan kacang polong bermata hitam. Pisang diiris dan digoreng serta diberi taburan kacang.

10. Currywurst, Jerman
Currywurt merupakan jajanan berupa sosis cincang yang disiram saus tomat pedas dan diberi bumbu masak India (kari). Anda bisa menambahkan keripik, kentang, white bread, atau roll gandum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar